Pengertian Latar Dalam Drama dan Macam, Fungsinya Lengkap

Artikel oleh Asep Rohimat, Selasa, 04 Agustus 2015 pukul 17:02:29

Pengertian Latar Dalam Drama dan Macam, Fungsinya Lengkap – Update artikel terbaru kali ini saya akan membahas tentang pengertian latar dalam drama, pengertian latar pada drama, latar drama adalah, macam-macam/jenis latar pada drama, fungsi latar dalam drama. Bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang latar drama, berikut ini ulasan lengkap tentang pengertian latar dalam drama lengkap. Dalam pementasan drama akan sangat lebih indah jika latar digunakan karna latar sangat berfungsi dalam pementasan drama kita yang gunanya untuk membuat suasananya lebih nyata dan terkesan profesional dalam pementasan drama, karna dalam Drama latar memiliki peran yang sangat dominan dalam mendukung pementasan drama karna sesungguhnya latar menjadi bagian dalam pementasan drama. Latar terbagi menjadi bermacam-macam dari setiap latar tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam pementasan drama sehingga drama kita lebih baik dan profesional dimana kita mementaskan sebuah drama yang sangat mirip dengan latar di kenyataannya dalam drama tersebut.

Pengertian Latar Dalam Drama
Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Atau definisi latar yang lainnya adalah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.
Atau bisa juga latar yaitu semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berhubungan dengan ruang, waktu dan juga suasana. Latar diantaranya meliputi penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu berlakunya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, serta emosional si pelaku/tokoh.

Macam-Macam Latar Drama
Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai berikut ini:

1. Latar waktu
Yaitu saat dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, dimasa depan, dan lain sebagainya.

2. Latar tempat
Yaitu dimana tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, di lautan, didalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan lain sebagainya.
pengertian latar

3. Latar suasana
Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku malakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

4. Latar alat
Yaitu peralatan apa saja yang diperlukan atau dipakai si pelaku dalam suatu cerita. Seperti misalnya: Tombak, pistol, pedang, buku, pulpen, dan lain sebagainya.
Fungsi Latar Drama

Fungsi dari latar sendiri yaitu untuk memberikan suatu gambaran yang jelas supaya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar-benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai situasi didalam sebuah cerita.

Demikianlah ulasan lengkap tentang pengertian latar dalam drama lengkap. Semoga bermanfaat.
APA KOMENTAR ANDA?
Nama (*)
Email/Telepon (*)
Situs Web
Pesan (*)
(*) Tidak boleh dibiarkan kosong
PENULIS
Nama Pengguna
Kata Sandi
Ingin bergabung bersama Asep Rohimat?
Daftar Sekarang
© 2015-2020 Asep Rohimat · Powered by Asro Teknologi